POSTING TERBARU

Senin, 21 November 2011

Fakta Tentang Internet

Satu lagi artikel mengenai keunikan Internet. Apakah anda tahu fakta-fakta unik tentang Internet berikut ini? Tahukah anda bahwa setiap 60 detik atau satu menit lebih dari 168 juta pucuk surat elektronik atau email dikirim melalui jaringan Internet?

Penemuan paling penting oleh manusia modern yang berhasil merevolusi kehidupan secara total dan global adalah Internet, setelah penemuan bola lampu oleh Thomas Alva Edison. Perkembangan Internet sangat pesat, secepat perubahan komputer desktop ke notebook lalu ke netbook dan ke komputer tablet.
Kemampuan Internet seperti yang sekarang kita nikmati sebenarnya baru berusia sekitar 15 tahun, yaitu sejak era komersialisasi WWW, Internet service provider (ISP), dan munculnya mesin pencari Yahoo Search yang kemudian disusul oleh Google pada 1998 (lihat video sejarah Google).

Tahukah anda bahwa Internet ditemukan tahun 1961 tapi baru populer mulai 1995
Cikal-bakal Internet ditemukan tahun 1961, tapi masih belum tersambung secara global seperti saat ini. Komunikasi pengiriman teks via Internet yang pertama dilakukan tahun 1969 dalam uji coba antara komputer di University of California dengan komputer di Stanford Research Institute.
Menurut history of the Internet (Wikipedia), pada pukul 22:30 tanggal 29 Oktober 1969 komputer di kedua gedung itu dicoba untuk saling mengirimkan teks singkat berupa huruf-huruf tunggal. Setiap tombol keyboard ditekan, mereka langsung saling konfirmasi lewat telepon.
“Kami baru mengetikkan huruf L, apakah kalian lihat L di sana?”
“Ya, kami lihat huruf L.”
“Apakah kalian lihat huruf O?”
“Ya, kami melihat O.”
Lalu mereka sedang akan mengetikkan huruf G ketika sistem Internet tiba-tiba rusak.
“Revolusi sedang akan dimulai….”
Era Internet modern baru dimulai tahun 1995. Sejak itulah hingga hari ini warga dunia bisa saling berkomunikasi via Internet. Situs-situs saling terhubung dengan tautan (link). Mesin pencari mempermudah segalanya. Surat (email) tiba di tujuan dalam hitungan detik. Lagu MP3 dan buku dapat diunduh. Transaksi uang antar-bank … hingga berbicara sambil saling melihat gambar hidup (video).

Apakah anda tahu fakta-fakta unik tentang Internet setiap 60 detik?

Blog Jarar Siahaan mendapatkan fakta menarik mengenai Internet di bawah ini dari situs blog Go-Gulf. Tajuknya: hal-hal yang terjadi di Internet setiap 60 detik atau satu menit.
  • Tahukah anda bahwa mesin pencari Google melayani 694.445 istilah pencarian setiap menitnya.
  • Sebanyak 6.600 foto diunggah ke website Flickr per-60 detik.
  • Apakah anda tahu 600 video diunggah ke Youtube setiap satu menit, dengan total durasi 25 jam lebih.
  • Fakta unik lain di Internet: 695.000 status updates, 79.364 tulisan di wall, dan 510.040 komentar diterbitkan di Facebook tiap 60 detik.
  • Tahukah anda bahwa setiap satu menit 70 alamat website baru didaftarkan.
  • Sebanyak 168 juta email dikirim tiap 60 detik.
  • Apakah anda tahu fakta unik Internet: 320 akun baru dan 98.000 tweets diterbitkan di situs sosial Twitter per menit.
  • Aplikasi-aplikasi untuk perangkat iPhone diunduh lebih dari 13 ribu kali setiap menit.
  • Tahukah anda bahwa 20 ribu posting baru diterbitkan tiap 60 detik di situs mikro-blog Tumbler.
  • Apakah anda tahu bahwa software browser terkenal Firefox diunduh lebih dari 1.700 kali setiap satu menit.
  • Software blog WordPress diunduh lebih dari 50 kali per 60 detik.
  • Setiap menit 40 pertanyaan baru diterbitkan di Yahoo Answers.
  • Fakta unik: tahukah anda bahwa 1.200 iklan baru diterbitkan Craigslist, situs iklan baris paling besar di Internet, tiap 60 detik.
  • Tiap menit sebanyak 370 ribu menit durasi percakapan suara dilakukan via Skype.
Fakta-fakta unik Internet ini tidak mencatat berapa banyak video esek-esek yang diunduh, diunggah, atau ditonton setiap 60 detik. Apakah anda tahu 20 fakta nyata dunia ini?

1 komentar:

I always spent my half an hour to read this blog’s content every day along with a cup of coffee. Websites And Email Servers

Posting Komentar