POSTING TERBARU

Selasa, 03 Januari 2012

Start-Up Indonesia Perlu Kembangkan Pemasaran

VIVAnews - Pengembang start-up lokal di Indonesia didorong untuk tidak berhenti hanya menjadi pencipta satu produk start-up. Ke depannya, mereka juga perlu lebih memasarkan produk, sehingga mampu memberikan pendapatan.

"Jangan puas menciptakan website yang bagus, tapi bagaimana agar bisa investasi di situ," ujar penggiat komunitas start-up lokal, Natali Ardianto, dalam diskusi Jejaring Sosial dan Proyeksi 2012, Jakarta, 7 Desember 2011.

Menurutnya, potensi pengembang start-up di Indonesia sangat bagus. Namun, mereka masih perlu mengembangkan diri ke arah bisnis dan mendatangkan investor.

"Harus ada mindset entrepreneur IT," tegasnya. Natali lalu membandingkan dengan start-up game dari Vietnam yang mampu menarik investor dengan nilai puluhan juta US$, sedangkan di Indonesia mulai dari puluham ribu US$.

Walau begitu, menurut Natali, bukan berarti start-up Indonesia memiliki kualitas jelek. "Kualitasnya bagus, cuma marketingnya saja yang harus ditingkatkan," ujarnya.

Untuk itu, ia bersama dengan koleganya intens mengadakan pertemuan antar pengembang start-up yang tergabung dalam #stratuplokal, yang sudah berjalan selama 19 kali sejak tahun lalu. Dalam pertemuan rutin bulanan tersebut, membahas mengenai bisnis, branding, mengglobalkan start-up bahkan mengundang investor dari luar negeri.

"Pernah kami undang dari Singapura, mereka malah yang tertarik setelah mendengar lewat internet," ucap Natali.

Dalam pertemuan tersebut, terdiri dari unsur entrepreneur, pengembang, penggiat start-up, media dan investor. Dalam setiap temu bulanan tersebut selalu dibanjiri peminat start-up. "Rata-rata 200 sampai 300 yang hadir," sebutnya.

Dengan sering mengadakan pertemuan tersebut, kini pengembang start-up mulai sadar bahwa karya mereka harus dikembangkan dalam bisnis. Baginya jika start-up dapat menjawab masalahnya, maka start-up akan berkembang pesat.
"Intinya bisa identifikasi problem saat ini apa," kata pengelola start-up bidang reservasi tiket ini. (adi)
• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar